Kamis, 31 Desember 2015

Tips Dalam Membangun Kebiasaan Baik

Pernahkan anda merasa kurang puas dengan diri anda sendiri?
Pernahkah anda merasa bahwa anda lebih banyak melakukan sesuatu hal yang kurang bermanfaat bagi hidup anda?
Pernahkah anda merasa lebih banyak melakukan kebisaan yang kurang baik?
Inginkah anda merubah itu semua?


Semua pertanyaan di atas merupakan pertanyaan di dalam diri saya ketika ingin merubah pribadi saya menjadi sosok yang lebih baik. saya merasa bahwa waktu saya terlalu banyak terbuang percuma, terlalu banyak kebisaan buruk yang saya kerjakan dibandingkan kebisaan baik. suatu ketika ada satu pertanyaan dari dosen saya yang cukup menyentil di hati, beliau bertanya tentang “apa saja skill baru yang saya miliki selama saya berkuliah?”. Pertanyaan itu mungkin biasa saja bagi sebagian orang namun menurut saya cukup membuat saya berfikir tentang begitu banyaknya waktu yang terbuang percuma. Sejak saat itu saya mulai berfikir untuk membuat kebisaan baik yang akan dapat membuat saya jadi pribadi yang lebih baik. Hingga muncul pertanyaan besar di pikiran saya, tentang bagaimana saya merubah itu semua, berikut ini tips yang saya terapkan dalam upaya saya membangun kebiasaan baru yang lebih baik. 

10 cara dalam membangun kebiasaan baik versi pipit, silakan disimak:
  1.  Niat jadi point pertama: Segala sesuatu harus didahulukan dari niat yang kuat. Niat yang kuat akan menghasilkan hasil yang lebih baik. saat kita meniatkan perubahan baik itu maka otak kita secara tidak langsung akan memberika sugesti pada diri kita untuk dapat bisa mewujudkan niat tersebut. 
  2. Keinginan yang kuat: Saat kita benar-benar menginginkan sesuatu tentunya diri kita akan dengan sepontan berusaha mengejar hal tersebut hingga bisa kita dapatkan atau dapat kita raih.
  3.  Mencatat: Buatlah sebuah pengingat bagi diri anda agar dapat selalu mengingat kebiasaan baik itu. Buatlah catatan kecil tentang kebiasaan baik itu kemudian letakkan catatan itu di tempat yang mudah untuk anda lihat atau di tempat yang sering anda lalui.
  4.  Dilakukan pada satu waktu: Lakukanlah kebiasaan baik itu pada waktu yang sama tiap harinya dengan begitu anda akan lebih mudah dalamn mengingatnya dan menjadikannya sebagi suatu kebiasaan.
  5. Mulai dengan hal yang kecil: Sebelum mampu dalam melakukan suatu hal besar kita bisa memulainya dengan sesuatu yang lebih kecil, dan mudah. Begitu pula dalam membangun kebiasaan baik anda, maka mulailah dari suatu tindakan yang mudah dan ringan. Setelah anda mulai terbiasa dengan tindakan ringan itu maka naikkan tingkatannya lebih tinggi secara bertahap.
  6. Konsisten: Suatu kebiasaan bisa muncul apabila kita mampu secara terus menerus melakukannya. Dengan begitu otak kita dapat terus ingat dan merekam tindakan itu sebagai suatu kebiasaan. 
  7.  Motivasi diri: Motivasi diri dapat membuat anda lebih kuat dalam bertahan untuk mencapai tujuan anda. Motivasi diri dapat muncul dari dalam diri sendiri maupun dari sumber lain seperti teman ataupun keluarga yang selalu mengingatkan, ataupun dari berbagai sumber bacaan seperti halnya buku motivasi.
  8. Lakukan saja: Lakukanlah kebiasaan itu tanpa mengeluh ataupun berkomentar tentang kekurangan diri anda dalam melakukannya, cukup lakukan saja.
  9. Nikmati prosesnya: Dalam melakukan sesuatu perubahan tentunya tidaklah mudah, bahkan akan terasa sulit di awal namun nikmati saja prose situ karna pada akhirnya diri anda dapat menerima kebiasaan itu bahkan akan terasa nyaman dalam melakukannya. 
  10. Lakukan selama 30 hari: Selanjutnya lakukan kebiasaan itu secara terus menerus tanpa terputus selama 30 hari dengan begitu diri anda akan benar-benar ingat dan terbiasa dalam melakukannya.
Sekian tips yang dapat saya bagikan bagi anda semoga dapat memberikan beberapa masukan dan bermanfaat bagi yang membacanya. Sedikit kutipan motivasi untuk diri saya dan pembaca
“lakukan proses dengan sebaik-baiknya maka anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa”.
Salam semangat bagi kita semua, sampai ketemu saat kita sama-sama sukses kelak. 

By: pipit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar